Danau Buyan dan Danau Tamblingan, Tempat Yang Cocok Untuk Sejenak Lepas Dari Hiruk Pikuk Kota


Danau Buyan dan Danau Tamblingan - Ada banyak tempat wisata untuk dikunjungi 
Di Bali. Tempat-tempat yang paling populer seperti Pantai Kuta, Uluwatu, Tanah Lot, Ubud, atau Kintamani mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, selain tempat-tempat terkenal tersebut, sebenarnya masih banyak obyek wisata yang tidak terpapar lainnya, seperti Danau Buyan. Danau Buyan terletak di Kecamatan Sukasada, 21 km sebelah selatan dari kota Singaraja, dan diposisikan dekat jalan utama Denpasar-Singaraja. Dengan ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut, membuat lokasi ini memiliki suhu dingin di siang hari dan suhu dingin di malam hari. Ada juga Lesung Gunung yang menjadi latar belakang untuk danau ini.

Selama ini, reputasi Danau Buyan tidak setenar Danau Beratan meskipun lokasinya sangat dekat. Tidak begitu banyak wisatawan tahu keberadaan Danau Buyan di daerah ini. Para wisatawan yang mengunjungi daerah ini, sebagian besar datang ke Bedugul, Danau Beratan, dan Pura Ulun Danu. Mereka tidak tahu bahwa ada sebuah danau yang indah dan alami di daerah tersebut.


Danau Buyan adalah salah satu dari tiga danau yang sama terbentuk di kaldera besar di daerah ini. Danau Buyan diapit oleh dua danau lainnya: Danau Beratan di sisi timur dan Danau Tamblingan di sisi barat. Danau Beratan merupakan yang terbesar dari mereka semua. Sementara itu, Buyan dan Danau Tamblingan sering dikatakan sebagai danau kembar karena landscape dan alam dari kedua danau ini memiliki kondisi yang serupa. Kealamian Danau Buyan dan Tamblingan masih terawat dengan baik karena tidak adanya campur tangan manusia untuk ekosistemnya. Bahkan jika beberapa kegiatan yang ada, mereka yang dilakukan oleh nelayan tradisional. Tidak ada kapal modern di sini, hanya beberapa rakit dan perahu tradisional yang terbuat dari kayu. Aspek-aspek ini tentu saja dapat menambah nilai lebih untuk keindahan dan kealamian.


Dengan udara segar, pegunungan hijau, kondisi alam asli, dan damai sekitarnya, danau ini sangat cocok untuk rekreasi air seperti memancing dan berperahu. Bagi Anda yang suka alam dan rekreasi di alam terbuka tempat ini sempurna. Banyak orang secara teratur datang ke daerah ini untuk pergi berkemah di dekat danau dan hutan. Selain dapat bersantai di tepi danau mereka juga bisa pergi trekking ke hutan atau mengunjungi kebun stroberi di sekitar sana. Sisi menarik dari daerah ini bahkan lebih besar ketika Anda melewati jalan di mana kawanan monyet yang ramah hidup. Banyak wisatawan atau pelancong mampir untuk sementara waktu di sini.

Danau Kembar


Danau Buyan dan Danau Tamblingan Sama seperti disebutkan sebelumnya, Danau Buyan dan Tamblingan sering dikatakan sebagai danau kembar karena tampilan dan adjacency yang mirip. Secara administratif, Danau Buyan terletak di Desa Pancasari, Sukasada, Kabupaten Buleleng dan Danau Tamblingan di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Buleleng. Danau Tamblingan dapat dicapai dengan persimpangan menuju ke Desa Munduk, Gobleg Village, dan kemudian di Area Lovina. Sepanjang perjalanan Anda akan kagum dengan seluruh pemandangan Danau Tamblingan. Dari Munduk, danau ini dapat dikunjungi dengan melewati jalan desa. Mobil masih bisa mencapai danau di mana Anda dapat langsung menikmati suasana alam daerah ini. Danau Buyan dan Tamblingan dipisahkan oleh hutan 1 km. Antara itu, kolam menghubungkan dua danau melalui saluran sempit. Oleh penduduk setempat, kolam ini disebut Telaga Aya.


Sebagian besar wisatawan mengunjungi daerah ini adalah wisatawan asing petualang yang melakukan perjalanan sekitar dengan menggunakan kendaraan sendiri atau menyewa. Mereka biasanya tidak menggunakan tour wisata yang hanya menyediakan paket wisata ke objek terkenal di Bali. Tidak hanya itu, sebenarnya para wisatawan yang mengunjungi daerah ini bervariasi seperti wisatawan asing, wisatawan Indonesia, dan wisatawan lokal dari Bali seperti sekelompok mahasiswa atau keluarga.

Akses



Danau Buyan terletak di Sukasada Kabupaten, sekitar 21 km sebelah selatan dari Singaraja, atau sekitar 5 km dari Kebun Raya Bedugul. lokasi sangat dekat dengan jalan utama yang menghubungkan Denpasar dan Singaraja. Di tepi danau, ada area parkir yang luas bagi pengunjung. Untuk menyelesaikan waktu tur, Anda dapat mengunjungi Danau Tamblingan dengan pergi melalui jalan desa. Selain itu, Anda juga dapat mengamati pemandangan indah Danau kedua dari atas bukit yang dapat dengan mudah diakses melalui akses jalan terpelihara dengan baik. Sepanjang perjalanan Anda juga dapat mengunjungi hutan monyet.

Fasilitas


Fasilitas yang tersedia adalah danau area parkir, sewa perahu untuk memancing atau rekreasi, dan fasilitas akomodasi. Jika Anda ingin memiliki pengalaman baru di Bali, bukannya mengunjungi tempat-tempat yang sering dikunjungi sebanyal dua atau tiga kali, lebih baik untuk mengeksplorasi jenis tempat-tempat eksotis terkenal seperti Danau Buyan. Selain akses yang mudah ke lokasi ini, Anda juga dapat menggabungkan tur ke Kebun Raya Bedugul dan Danau Beratan.

Sillahkan tinggalkan komentar Anda jika Anda menyukai atau memiliki pendapat tentang artikel ini dan jangan ragu untuk membagikannya di social media yang Anda miliki.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »