Ogoh-ogoh, Sebuah Festival Unik Di Bali

Ogoh-ogoh

Ogoh-ogoh biasanya sangat identik dengan Hari Raya Nyepi di Bali. Mungkin bisa juga dibilang bahwa ogoh-ogoh adalah acara yang paling menarik di antara rangkaian Nyepi Upacara. Ogoh-ogoh yang diarak di malam Pengrupukan, yang merupakan hari sebelum Tahun Baru Saka atau disebut Hari Raya Nyepi.


Ogoh-ogoh tersebut yang memiliki penampilannya sangat menakutkan biasanya diarak keliling desa atau kota dengan Banjar atau masyarakat desa tradisional yang didominasi oleh pemuda. Ogoh-ogoh adalah sejenis patung / boneka raksasa yang terbuat dari bahan ringan seperti kombinasi kayu, bambu, kertas, dan styrofoam sehingga mudah untuk diangkat dan diarak. Seiring dengan perkembangan atau teknologi saat ini maka bahan pembuatannya pun ikut berubah, orang lebih suka menggunakan styrofoam karena mudahandan ringan untuk diukir dan diproses, tapi tentu saja harga yang agak lebih mahal. Ogoh-ogoh dibuat dalam bentuk Bhuta Kala atau roh-roh jahat dan makhluk yang suka mengganggu kehidupan manusia. Bhuta Kala biasanya dilambangkan sebagai makhluk raksasa / Rakshasa dengan penampilan menakutkan dan ganas. Bhuta Kala adalah jenis makhluk jahat yang tinggal di alam gaib. Dalam mitologi Hindu dan Buddha, dikatakan bahwa kata "Raksasa" berarti "kekejaman", yang merupakan kebalikan dari kata "raksha" yang berarti "ketenangan".

Setelah ogoh-ogoh diarak, yang pada akhirnya akan dibakar atau hancurkan, diharapkan bahwa keburukan yang disimbolkan oleh ogoh-ogoh ini bisa dijauhkan dari umat manusia.

Ogoh-ogoh

Selain mengambil bentuk Raksasa, ogoh-ogoh juga sering dilambangkan dalam bentuk lain seperti makhluk mitologi seperti Garuda, naga, dan sebagainya, dan dalam bentuk-bentuk seperti Dewa dan Dewi seperti Dewa Siwa atau Durga. Bahkan saat ini ada ogoh-ogoh yang menggambarkan orang-orang terkenal, selebriti, atau penjahat. Meskipun menghibur, sebenarnya hal ini adalah sedikit melenceng dari konsep ogoh-ogoh yang seharusnya menunjukkan makhluk jahat mitologi. Namun, beberapa seniman yang menciptakan sogoh-ogoh tersebut berpendapat bahwa sekarang orang-orang juga telah didominasi oleh roh jahat dan telah melakukan begitu banyak hal buruk seperti teroris atau koruptor. Sehingga mereka berpikir bahwa mereka keburukan juga harus dihancurkan dan dijauhkan dari manusia.

Ogoh-ogoh
Sejarah Dari Ogoh-ogoh

Nama ogoh-ogoh diambil dari Bali "ogah-ogah" yang berarti sesuatu yang terguncang. Bahkan, ketika ogoh-ogoh yang diarak keliling itu selalu terguncang oleh pembawa ogoh-ogoh untuk membuatnya terlihat seperti bergerak atau menari. Selain itu, pose satu ogoh-ogoh dengan yang lain berbeda, sehingga masing-masing akan memiliki gerakan yang berbeda ketika terguncang. Bahkan, sekarang dengan perkembangan teknologi, banyak ogoh-ogoh dapat pindah dibantu oleh mesin atau alat-alat lainnya.

Ada begitu banyak versi sejarah ogoh-ogoh di Bali. Beberapa orang berpendapat bahwa ogoh-ogoh telah dikenal sejak era Dalem Balingkang (kerajaan Bali pada zaman dulu). Pada masa itu, ogoh-ogoh digunakan dalam prosesi Pitra Yadnya atau disebut Ngaben. Ada juga pendapat lain yang menyatakan bahwa keberadaan ogoh-ogoh ini terinspirasi oleh tradisi Ngusaba Ndong-nding dari Desa Selat, Karangasem yang juga digunakan sosok mirip dengan  Ogoh-ogoh yang diperuntukkan untuk mengusir roh jahat. Pendapat lainnya adalah bahwa Barong Landung adalah salah satu pencipta yang mengilhami ogoh-ogoh.

Barong Landung adalah jenis barong raksasa yang merupakan manifestasi dari raja kuno menakutkan dan ratu bernama Raden Datonta dan Sri Dewi Baduga. Namun, fakta yang paling pasti adalah bahwa ogoh-ogoh tersebut mulai diberi nama "ogoh-ogoh" sejak tahun 1980-an. Pada saat itu, itu juga pertama kalinya Nyepi termasuk dalam daftar libur nasional. Kemudian, Bali mulai menciptakan sosok onggokan yang disebut ogoh-ogoh di beberapa daerah di Denpasar. Setelah itu, budaya ini menyebar luas ke seluruh Bali dan kemudian juga pertama terlibat dalam festival Kesenian Bali XII (Bali Art Festival XII).

Ogoh-ogoh

Festival Ogoh-ogoh 

Biasanya, sebelum malam Pengrupukan, festival ogoh-ogoh akan diadakan di Puputan Taman Denpasar. Ogoh-ogoh yang bisa masuk ke dalam acara ini dipilih dari beberapa wilayah Denpasar. Acara ini terus untuk menghormati dan menghargai penciptaan ogoh-ogoh yang memiliki seni yang tinggi dan nilai tema. Ogoh-ogoh yang masuk festival ini tidak sembarangan diambil, karena mereka telah mengalami proses seleksi. Ini ogoh-ogoh harus memiliki nilai seni yang tinggi, tema, dan hiburan. Tema yang biasanya digunakan adalah sekitar kisah Wayang (Ramayana atau Mahabaratha) atau cerita Hindu lainnya. Selain itu, ketika mereka tiba di kawasan Catur Muka Crossroad Puputan, para pembawa ogoh-ogoh harus menunjukkan pertunjukan tari yang menceritakan kisah atau tema ogoh-ogoh mereka di depan para penilai.

Festival ogoh-ogoh di Puputan biasanya digelar beberapa jam sebelum Sandi Kala atau malam. Setelah festival selesai, Pengrupukan malam dilanjutkan dengan parade ogoh-ogoh dari desa ke desa atau banjar di sekitar kawasan Denpasar. Di kabupaten lain di sekitar Denpasar seperti Gianyar, Tabanan, atau Buleleng, festival ogoh-ogoh juga secara berkala diadakan. Namun, kadang-kadang festival tidak bertujuan untuk Pengrupukan, akan tetapi bisa juga untuk acara lain seperti ulang tahun Kota dan sebagainya.

Sillahkan tinggalkan komentar Anda jika Anda menyukai atau memiliki pendapat tentang artikel ini dan jangan ragu untuk membagikannya di social media yang Anda miliki.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »