Pesona Bawah Air Tulamben

Pesona Bawah Air Tulamben
Indonesia telah lama dikenal luas oleh masyarakat internasional sebagai salah satu negara yang memiliki keanekaragaman hayati bawah laut terbesar dan terbaik di dunia. Luas pulau karang di Indonesia diperkirakan mencapai 60 ribu meter persegi, menyebar dari wilayah barat (Sumatera) sampai daerah paling timur (Papua). Keindahan ekosistem bawah laut Indonesia memang perlu lebih diperkenalkan kepada dunia. Selama ini, Indonesia hanya fokus pada pengembangan lahan dan wisata budaya tanpa menyadari potensi bawah lautnya. Namun, sekarang keindahan bawah laut Indonesia sudah mulai dieksplorasi lebih sebagai tempat-tempat seperti Raja Ampat, Bunaken, Wakatobi, dan Tulamben sudah mendapatkan reputasi yang baik di seluruh dunia.
Salah satu tempat menyelam, Tulamben, terletak di Bali. Tulamben adalah nama dari sebuah pantai yang terletak di Kabupaten Karangasem. Untuk pergi ke pantai ini, dari Denpasar Anda bisa menggunakan By Pass Ida Bagus Mantra Route (Denpasar), menuju ke Klungkung, dan kemudian Karangasem. Dari kota Karangasem, Anda bisa melanjutkan perjalanan dari Abang temu menuju utara. Setelah 30 menit perjalanan, Anda akan memasuki daerah Pantai Tulamben.
Pantai Tulamben
Untuk para penyelam, sangat penting untuk mempersiapkan seluruh peralatan yang akan digunakan untuk menyelam. Hal ini diperlukan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan Anda saat  menyelam di bawah air. Peralatan yang lengkap untuk menyelam termasuk baju selam, bernapas regulator yang juga digunakan untuk menyeimbangkan tubuh Anda di bawah air, masker, snorkel, boot karang, sirip untuk bergerak di bawah air, oksigen, dan peralatan yang paling penting dalam menyelam disebut SCUBA (Self Contained Underwater Breathing Apparatus). Peralatan  tersebut harus dipersiapkan dengan baik sebelum menceburkan diri ke dalam air. Jika Anda seorang pemula, Anda tidak perlu khawatir karena di tempat ini juga memiliki pemandu dan instruktur untuk membantu Anda dengan peralatan sampai memberikan instruksi ketika Anda berada di dalam air.

Untuk para penyelam pemula,Pantai Tulamben adalah pilihan yang sempurna karena arus bawah air yang tenang. Namun, bagi para penyelam yang sudah tingkat advanced atau pro pun, tempat ini masih merupakan spot diving yang menarik karena keindahan bawah laut yang pantai ini menawarkan banyak pemandangan yang menarik. Keindahan bawah laut sebenarnya alasan utama untuk setiap penyelam melakukan olahraga ini. Keindahan terumbu karang dan biota laut yang bisa memberikan perasaan damai bagi setiap orang yang melihatnya. Keterampilan diving juga penting karena semakin terampil penyelam maka lebih tenang juga ketika ia berada di bawah air.
Pesona Bawah Air Tulamben
Diving adalah aktivitas yang menyegarkan namun menantang, cocok untuk melarikan diri dari rutinitas sehari-hari.

Ini Alasan Kenapa Anda perlu Untuk Mengunjungi Tulamben
  • Fasilitas yang lengkap. Ada banyak fasilitas pariwisata seperti hotel, restoran, dan toko-toko. Bagi wisatawan yang ingin melihat kehidupan bawah laut, operator selam juga tersedia dan mereka semua sistematis dengan baik.
  • Tidak jauh dari Teluk Tulamben, ada situs menyelam yang menarik dan aman. Dalam situs ini ada reruntuhan USAT Liberty Glo, mantan kapal transportasi militer yang tenggelam oleh torpedo Jepang pada tahun 1942. The Liberty adalah surga dari berbagai biota laut seperti siput laut, kepiting, udang, ghost pipefish, kuda laut kerdil, Mola mola (sunfish laut) atau bahkan hiu.
  • Tempat diving ini adalah salah satu tempat yang paling mudah. Semua penyelam dari pemula sampai ahli bisa menyelam dengan baik di sini. Lokasi US Liberty, misalnya, bisa langsung dicapai dari pantai sekitar 25 meter dengan kedalaman sekitar 5 meter sampai 30 meter.
  • Jika Anda membawa kamera, pastikan memiliki kapasitas besar karena akan sulit bagi Anda untuk berhenti mengambil foto di situs ini. Keindahan panorama bawah lautnya menakjubkan.
  • Tulamben kaya dengan jenis ikan. Di reruntuhan Liberty, Anda bisa melihat ribuan Jack ikan, hiu, atau barakuda siluet berenang di sekitar Anda. Dengan bimbingan dari instruktur, Anda bisa melihat pada beberapa hewan kecil yang kamuflase sempurna di lokasi ini.
  • Tulamben kaya dengan jenis ikan. Di reruntuhan USAT Liberty, Anda bisa melihat ribuan Jack ikan, hiu, atau barakuda siluet berenang di sekitar Anda. Dengan bimbingan dari instruktur, Anda bisa melihat pada beberapa hewan kecil yang kamuflase sempurna di lokasi ini.
  • Selain reruntuhan USAT Liberty, ada juga tempat lain yang menarik untuk dikunjungi seperti Tulamben Wall (Drop Off), Paradise Reef yang berisi terumbu karang buatan dengan bingkai pesawat, Matahari Reef, dan Seraya yang merupakan surga bagi peselancar dan makro bawah air fotografer.
  • Harga untuk menyelam di Tulamben sangat wajar untuk apa yang akan Anda lihat di sana. Ada juga paket yang akan dipilih termasuk tinggal dan menyelam fasilitas. Jika Anda ingin mendapatkan sertifikat diving, on-situs kursus menyelam tersedia.
Pesona Bawah Air Tulamben

Sillahkan tinggalkan komentar Anda jika Anda menyukai atau memiliki pendapat tentang artikel ini dan jangan ragu untuk membagikannya di social media yang Anda miliki.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »