Cara Memperbagus Hasil Tangkapan Ponsel Androidmu

Cara Memperbagus Hasil Tangkapan Ponsel Androidmu
Punya hobi mengambil foto? Atau sekedar suka memotret untuk menyimpan kenangan yang kamu baru alami? Tentu saja, kita ingin bisa menghasilkan kualitas foto yang terbaik kapanpun dan di manapun. Sayangnya kita tidak mungkin membawa kamera sekelas DSLR setiap saat. Tapi jangan khawatir, sebenarnya mengambil sebuah potret yang bagus juga bisa dilakukan melalui ponsel androidmu. Yang perlu dilakukan hanyalah dengan mencari tahu bagaiaman hasil tangkapan kamera ponsel Androidmu bisa menjadi lebih baik. Mari kita simak beberapa tips berikut.


1. Hindari Gunakan Flash

Sebenarnya tips ini bukan hanya berlaku untuk kamera Android, namun juga untuk segala jenis kegiatan berfoto. Simpanlah fitur flash hanya untuk kondisi darurat. Oleh karena itu selagi kita masih bisa mendapatkan cahaya yang alami, tentu saja kita tidak perlu untuk mengaktifkan flash.

Memang ada keadaan di mana kita boleh menggunakan Flash pada kamera. Terutama ketika kondisi ruangan yang terlalu gelap. Hanya saja, karena lokasinya yang terlalu berdekatan dengan lensa kamera fitur ini kerap menimbulkan efek-efek kilauan yang tampak tidak bagus pada hasil jepretanmu. Jika memang cahaya alami yang ada disekitarmu dirasakan masih kurang, cobalah terlebih dahulu untuk meningkatkan tingkat eksposur (EV) maupun ISO dari kamera. Yang perlu diingat adalah semakin tinggi tingkat ISO yang digunakan semakin tinggi pula noise yang akan muncul pada hasil jepretanmu.


2. Jangan Gunakan Zoom Digital

Salah satu hal yang paling dikenal hebat dalam merusak kualitas foto yang diambil melalui ponsel adalah Zoom digital, mengingat kebanyakan ponsel tidak memiliki kemampuan optical zoom kecuali untuk ponsel-ponsel kelas atas yang berkecimpung khusus dibidang kamera.

Yang perlu diketahui adalah bahwa digital zoom merupakan bahasa halus dari crop hasil fotomu lalu diperbesar secara digital. Sehingga jelas hasilnya tidak akan membuat kualitas fotomu baik sama sekali. Kalau memang ingin mengambil bagian kecil atau menzoom hasil fotomu, foto saja seperti biasa lalu zoom dan crop bagian yang ingin kamu ambil.


3. Bersihkan lensa ponselmu

Hal yang pasti tidak boleh terlupakan sebelum memotret sesuatu adalah memastikan bahwa lensa kamera yang akan kamu gunakan untuk menghasilkan kualitas potret yang luar biasa berada dalam kondisi bersih. mengingat bahwa lensa kamera pada ponsel kita mudah sekali ternodai oleh banyak hal yang pada akhirnya akan menyebabkan kualitas gambar yang dihasilkan oleh ponsel kita menjadi kabur.

Semoga saja tips-tips berikut dapat membantu kamu untuk mengabadikan momen terindah kamu.

Sillahkan tinggalkan komentar Anda jika Anda menyukai atau memiliki pendapat tentang artikel ini dan jangan ragu untuk membagikannya di social media yang Anda miliki.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »